Home | Artikel

BERSALAMAN DENGAN SISWA MENUMBUHKAN BUDAYA SALING MENGHARGAI ANTAR SESAMA WARGA SEKOLAH


Diposting pada tanggal 4 Desember 2023

BERSALAMAN DENGAN SISWA MENUMBUHKAN BUDAYA SALING MENGHARGAI ANTAR SESAMA WARGA SEKOLAH

 

 

Saya seorang guru yang mengampu mata pelajaran Pancasila  di salah satu sekolah yang bernaung di bawah Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur lebih tepatnya SMK Negeri 3 Kupang. Saya sudah menjadi Pendidik di SMK Negeri 3 Kupang sudah 13 tahun lamanya. SMK Negeri 3 Kupang terletak di pusat Kota Kupang dan merupakan salah satu sekolah Pusat keunggulan. Sekolah saya menggunakan Kurikulum Merdeka dan saya mengajar beberapa kelas X, XI, dan XII. Pembagian kelas berdasarkan hasil kesepakatan kami dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pancasila di SMK Negeri  3 Kupang dan kebetulan saya yang dipercayakan sebagai ketua.

SMK Negeri 3 Kupang melakukan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum merdeka. Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik. Oleh karena itu peserta didik tetap di tuntun untuk memiliki karakter yang baik. Sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka (yang sebelumnya disebut sebagai kurikulum prototipe) dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik.

Ada satu kebiasaan yang sering kami lakukan disekolah saya yaitu pada pagi hari biasanya kami guru datang lebih awal berdiri di depan gerbang sekolah untuk menyambut kedatangan dari siswa siswi. Sebelum berbaris mengikuti apel pagi bersama dengan anak-anak kami selalu menyambut kedatangan siswa siswi di depan sekolah dan bersalaman. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan karakter saling menghargai dan saling mengenal antara guru dan siswa. Karena kebiasaan ini terus-menerus kami lakukan maka hal ini menjadi suatu kebiasaan baik yang selalu terjadi pada pagi hari di sekolah. Selain itu, dapat membentuk perilaku dan budi pekerti yang baik bagi peserta didik, juga dapat menanamkan sikap sopan dan hormat kepada guru dan orang yang lebih tua. Untuk membentuk karakter dan menumbuhkan perilaku baik maka dibutuh pembiasaan sejak dini dan dengan hal-hal yang sederhana.

 

 

Writer by : Florentina Mau, SH

 

Versi cetak
#smk negeri 3 kupang melakukan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum merdeka. kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami k

Artikel Terkait



Artikel Terkini



Polling Pendapat


Layanan online manakah menurut anda yang perlu kami kembangkan ke depan?

 


Kalender Harian


« May 2024 »
Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
28 29 30 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31 1
2 3 4 5 6 7 8


Shoutbox